PEMANFAATAN MEDIA LEMBAR KERJA SISWA (LKS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI KELAS X SMK PESANTREN SABILIL MUTTAQIEN (PSM) RANDUBLATUNG KABUPATEN BLORA

Authors

  • Muhammad Eko Nur Syafi’i

Keywords:

Hasil Belajar, Media Lembar Kerja Siswa, Akuntansi

Abstract

Hasil belajar merupakan salah satu tolok ukur yang dapat digunakan untuk mengetahui tingkat
keberhasilan proses belajar mengajar. Hasil belajar siswa pada mata diklat akuntansi masih belum
maksimal. Hasil belajar akuntansi dapat ditingkatkan salah satunya dengan memanfaatkan media
Lembar Kerja Siswa (LKS). Permasalahan dalam penelitian ini adalah (a) apakah pemanfaatan
media LKS dapat meningkatkan hasil belajar akuntansi siswa kelas X SMK PSM Randublatung
Kabupaten Blora? dan (b) seberapa besar peningkatan hasil belajar akuntansi siswa kelas X SMK
PSM Randublatung Kabupaten Blora melalui pemanfaatan media LKS?.Penelitian ini merupakan
penelitian eksperimen. Objek dari penelitian ini adalah siswa kelas X program keahlian akuntansi
SMK PSM Randublatung. Kelas X Akuntansi 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X Akuntansi
4 sebagai kelas kontrol. Metode pengambilan data menggunakan tes dan observasi. Analisis data
menggunakan analisis diskriptif, uji normalitas, uji hipotesis, dan uji peningkatan hasil belajar.
Berdasarkan hasil analisis data, nilai rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan media LKS
mengalami peningkatan yang signifikan. Secara statistik menunjukkan bahwa pada table
Independent Samples T-Test terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa yang menggunakan
media LKS dengan siswa yang menggunakan catatan. Simpulan dari penelitian ini adalah
pembelajaran dengan media LKS dapat meningkatkan hasil belajar akuntansi. Saran yang dapat
diberikan adalah (a) siswa hendaknya memiliki LKS agar dapat belajar secara mandiri, (b) guru
hendaknya dapat mengembangkan media LKS sesuai dengan materi yang akan disampaikan
kepada siswa.

Downloads

Published

2020-08-29 — Updated on 2020-08-29

Versions

Issue

Section

Articles