PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS KARAKTER BANGSA UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Najmie Zulfikar

Keywords:

Video Pembelajaran, Minat Belajar, Hasil Belajar, Pendidikan Karakter, (R&D).

Abstract

Video pembelajaran merupakan alternatif media untuk membangun pengalaman belajar siswa yang membantu meningkatkan hasil belajar dan menambah pengetahuan dan sikap yang dapat diimplementasikan dalam kehidupan sosial di sekolah maupun masayarakat. Penelitian ini bertujuan (1) menganalisis proses pembelajaran IPS; (2) mengembangkan video pembelajaranberbasiskarakter bangsa untuk meningkatkan minat dan hasil belajar IPS di SD Negeri 01 Gajahmungkur Semarang; dan (3) menguji keefektifan video pembelajaran berbasis karakter bangsa. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development. Model R&D ini mengacu pada Borg & Gall yang sudah dimodifikasi menjadi tiga tahap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Analisis pembelajaran IPS dilakukan sesuai dengan studi pendahuluan. 2) Video pembelajaran dikembangkan berdasarkan GBIM, menyusun naskah (script), validasi ahli materi, membuat story board, menghimpun materi video, membuat flowchart,produksi video, validasi ahli media dan uji coba produk. 3) Video pembelajaran berbasis karakter bangsa yang dikembangkan efektif digunakan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. Hasil uji t diperoleh thitung = 4,797 dan p-value = 0,000 < 0,05, artinya ada perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Kemampuan dalam meningkatkan hasil belajar tergolong “sedang” (n-gain = 0,32). Penelitian ini telah membuktikan bahwa video pembelajaran memberikan solusi dari permasalahan pada semua mata pelajaran.

Downloads

Published

2020-08-29 — Updated on 2020-08-29

Versions

Issue

Section

Articles